E-commerce
1. pengertian E-commerce
E-commerce (perdagangan elektronik) adalah penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi,www,atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,sistem manajemen inventori otomatis,dan sistem pengumpulan data otomatis.mudahnya disebut toko online.
karakteristik E-commerce :
- terjadinya transaksi antara dua belah pihak
- adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
- internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.
4 jenis relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan (fingar,2000)
1. Relasi dengan pemasok (supplier)
2. Relasi dengan penyalur (distributor)
3. Relasi dengan rekanan (partner)
4. Relasi dengan konsumen (customer)
2. Strategi pemasaran dalam e-commerce
Strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional yaitu pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran,alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Dalam strategi pemasarn,ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadimya perubahan strategi dalam pemasaran dalam e-commerce yaitu:
a) Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup yaitu, tahap perkenalan, tahap pertumbuhan,tahap kedewasaan, dan tahap kemunduran.
b) Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha,apakah ingin menjadi pemimpin,menantang,mengikuti, atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c) Situasi ekonomi
strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kjedepan,apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
d)Penggunaan media online
Dalam pemasaran melalui e-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media online dan cakupan areanya, demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring online.
1. Stratgei pemasaran bersdasaarkan kebutuhan
secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu :
a) Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
b) Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
c) Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
d) Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
2. Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan
a) Search Engine
b)Optimalisasi Google Maps
c) Kampanye Py Per Click (PPC)
d) Promosi di Media Sosial
e) penggunaan Blog
f)Penggunaan Video Marketing
g) Surat Kabar Digital
Tidak ada komentar:
Posting Komentar